Bagaimana Budaya Kerja Pada Kemajuan Teknologi Informasi
Sebelum melanjuti materi kita, akan lebih baik kalau tahu pengertian dari budaya kerja dan teknologi informasi.
- Menurut Sulakso (2002) budaya kerja adalah the way we are doing here atau sikap dan perilaku pegawai untuk melaksanakan tugas.
- Menurut Mangkunegara (2005) budaya kerja merupakan perangkat asumsi yang dikembangkan dalam suatu organisasi yang dapat dijadikan sebagai landasan tingkah laku anggota, untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal masupun integrasi internal.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa budaya kerja merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang dikembangkan dalam suatu organisasi, guna menyelaraskan sikap, perilaku, dan aktivitas yang berlangsung dalam suatu organisasi, agar terjadi suasana yang positif dalam lingkungan kerja tersebut.
Sedangkan, teknologi informasi adalah suatu teknologi dimana memiliki hubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu.
Bagaimana Budaya Kerja Pada Kemajuan Teknologi Informasi
PENJELASAN
Berbeda dengan zaman-zaman nenek moyang kita, saat ini teknologi informasi berkembang dengan pesat. Faktor yang menyebabkan teknologi informasi berkembang pesat bisa dari kebutuhan waktu, kebutuhan akan informasi, globalisasi, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.
Sebelum adanya teknologi informasi tentu berbeda bagaimana cara budaya kerja atau sikap dari pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Berbeda dengan zaman sekarang, zaman dahulu cenderung memiliki kesulitan dalam memperoleh informasi, berinteraksi dan berkomunikasi, serta bertransaksi. Hal tersebut dikarenakan di saat itu teknologi informasi masih belum berkembang.
Seiringnya waktu, dunia mulai berkeja dengan cara yang berbeda, termasuk bagaimana cara pemikiran kita bekerja. Di temukannya telepon pertama kali yaitu oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 yang kemudian mendorong para ahli-ahli untuk menciptakan teknologi informasi yang lebih maju. Berkat para ahli-ahli, kita bisa sampai di titik dimana kita mengenal iphone, laptop, dan teknologi modern lainnya. Disinilah kemajuan teknologi informasi memiliki peran dalam berubahnya budaya kerja.
Nah, bagaimana budaya kerja pada kemajuan teknologi informasi ? saat ini masyarakat indonesia sudah mulai mengenal budaya kerja work from home. Dengan teknologi informasi yang lebih canggih, para pegawai bisa melaksanakan tugasnya di luar kantor. Penerapan work from home ini memiliki dampak yang positif, salah satunya adalah membantu pegawai yang sedang berada di tempat yang berbeda untuk mengerjakan tugasnya. Jadi, para pegawai tidak perlu terburu-buru menuju kantornya untuk menyelesaikan tugasnya.
Kemajuan teknologi informasi kini membawa pengaruh yang sangat positif. Hal tersebut berpengaruh terhadap produktivitas pekerjaan. Dengan majunya teknologi informasi, kita mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja, karena akan semakin banyak aktivitas yang dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat.
THANKYOU FOR READING
Sumber-sumber informasi
https://www.gramedia.com/best-seller/budaya-kerja/#Definisi_budaya_kerja
https://sulselprov.go.id/welcome/post/teknologi-informasi-dan-sistem-informasi#:~:text=Dari%20sejarah%20ini%20dapat%20disimpulkan,batas%2Dbatas%20ruang%20dan%20waktu.
https://fikti.umsu.ac.id/10-faktor-penyebab-teknologi-komputer-berkembang-dengan-cepat/
https://www.talenta.co/blog/teknologi-talenta/peran-penting-teknologi-untuk-produktivitas/#:~:text=Semakin%20pesat%20perkembangan%20teknologi%2C%20maka,diselesaikan%20dengan%20mudah%20dan%20cepat.
Comments
Post a Comment