Integrasi Antar Aplikasi Office

MAKNA INTEGRASI


Tujuan utama dari sistem informasi, yaitu memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Suatu data atau sistem yang ter integrasi tentunya dipurlakan dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi dan tentunya untuk membantu organsasi atau perusahaan.

Aliran informasi diantara sistem sangatlah bermanfaat bila data dalam file suatu sistem tersebut diperlukan juga oleh sistem yang lain nya atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lain nya. Integrasi memiliki makna keterkaitan antar subsitem, sehingga data dari suatu sistem secara rutin dapat melintas dan menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain. 


JENIS-JENIS INTEGRASI

Integrasi dibagi menjadi dua macam yang teridi atas, yakni sebagai berikut.

1. Intregasi Data
   Adalah proses yang menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang beberda,
   serta dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data 
   menjadi informasi yang lebih baik atau sempurna.

2. Integrasi Sistem
   Adalah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software
   aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.


MANFAAT INTEGRASI

Integratis tentu memiliki banyak manfaat kepada suatu organisasi atau perusahaan. Namun, di dalam pembahasaan ini akan memberikan tiga manfaat integrasi yang terdiri atas, yaitu sebagai berikut.

1. Satu Sumber Utama
   Satu sumber utama memungkinkan data berada pada suatu sistem dan selalu diperbaharui.

2. Database Tertata Rapi
   Dengan database yang tertata rapi, maka dalam suatu organisasi atau perusahaan akan
   mendapatkan data atau informasi lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan lain nya.

3. User Interface yang Lebih Konsisten
   Dengan menggunakan single platform yang meng integrasikan seluruh sistem perusahaan, maka         kita dapat memastikan bahwa setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki
   user interface yang sama.


CARA MENGINTEGRASIKAN APLIKASI

Cara mengintegrasikan aplikasi terdiri atas empat cara, yaitu :

1. Pemanggilan Produser
   Aplikasi yang akan melayani haru menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.

2. Messaging
   Adalah aplikasi daling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.

3. Sharing Database
   Pengirim dan penerima mengunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh
   datanya ke suatu table di database untuk kemudia dibaca oleh penerima.

4. File Transfer
   Adalah mekanisme yang format file dan struktur data di dalam nya sudah ditentukan. Demikian 
   juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan persamaan nya.


MICROSOFT OFFICE


Merupakan software atau perangkat lunak yang sring digunakan. Mulai dari pelajar hingga pekerja professional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan nya. Microsoft word 
merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah dikenal oleh para pelajar dan pekerja.

Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Microsoft Excel merupakan aplikasi yang mengolah data, yakni perhitungan angka maupun grafik. Dengan Microsoft Excel, pengguna dapat menggunakan spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi yang akurat dan mudah dioperasikan.

Microsoft power point berfungsi sebagai presentasi dengan menggunakan slide. Dengan aplikasi, para pengguna akan dimudahkan dalam melakukan presentasi.


CONTOH INTEGRASI 

Contoh integrasi pada aplikasi Microsoft Office, yakni :

1. Membuat Table of Content pada Microsoft Word.
2. Linking dan Embed pada aplikasi Microsoft office.
3. Membuat Surat Massal pada Microsoft Word dengan menggunakan database yang ada pada 
   Microsoft Excel atau Microsoft Acces.
   
4. Membuat grafik pada aplikasi Microsoft Office.





THANKYOU FOR READING

Comments

Popular Posts