Integrasi Antar Aplikasi Office
MAKNA INTEGRASI
Aliran informasi diantara sistem sangatlah bermanfaat bila data dalam file suatu sistem tersebut diperlukan juga oleh sistem yang lain nya atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lain nya. Integrasi memiliki makna keterkaitan antar subsitem, sehingga data dari suatu sistem secara rutin dapat melintas dan menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain.
JENIS-JENIS INTEGRASI
Integrasi dibagi menjadi dua macam yang teridi atas, yakni sebagai berikut.
1. Intregasi Data
Adalah proses yang menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang beberda,
serta dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data
menjadi informasi yang lebih baik atau sempurna.
2. Integrasi Sistem
Adalah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software
aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.
MANFAAT INTEGRASI
Integratis tentu memiliki banyak manfaat kepada suatu organisasi atau perusahaan. Namun, di dalam pembahasaan ini akan memberikan tiga manfaat integrasi yang terdiri atas, yaitu sebagai berikut.
1. Satu Sumber Utama
Satu sumber utama memungkinkan data berada pada suatu sistem dan selalu diperbaharui.
2. Database Tertata Rapi
Dengan database yang tertata rapi, maka dalam suatu organisasi atau perusahaan akan
mendapatkan data atau informasi lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan lain nya.
3. User Interface yang Lebih Konsisten
Dengan menggunakan single platform yang meng integrasikan seluruh sistem perusahaan, maka kita dapat memastikan bahwa setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki
user interface yang sama.
CARA MENGINTEGRASIKAN APLIKASI
Cara mengintegrasikan aplikasi terdiri atas empat cara, yaitu :
1. Pemanggilan Produser
Aplikasi yang akan melayani haru menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
2. Messaging
Adalah aplikasi daling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan.
3. Sharing Database
Pengirim dan penerima mengunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh
datanya ke suatu table di database untuk kemudia dibaca oleh penerima.
4. File Transfer
Adalah mekanisme yang format file dan struktur data di dalam nya sudah ditentukan. Demikian
juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan persamaan nya.
MICROSOFT OFFICE
Merupakan software atau perangkat lunak yang sring digunakan. Mulai dari pelajar hingga pekerja professional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan nya. Microsoft word
merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah dikenal oleh para pelajar dan pekerja.
Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Microsoft Excel merupakan aplikasi yang mengolah data, yakni perhitungan angka maupun grafik. Dengan Microsoft Excel, pengguna dapat menggunakan spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi yang akurat dan mudah dioperasikan.
Microsoft power point berfungsi sebagai presentasi dengan menggunakan slide. Dengan aplikasi, para pengguna akan dimudahkan dalam melakukan presentasi.
CONTOH INTEGRASI
Contoh integrasi pada aplikasi Microsoft Office, yakni :
1. Membuat Table of Content pada Microsoft Word.
2. Linking dan Embed pada aplikasi Microsoft office.
3. Membuat Surat Massal pada Microsoft Word dengan menggunakan database yang ada pada
Microsoft Excel atau Microsoft Acces.
4. Membuat grafik pada aplikasi Microsoft Office.
THANKYOU FOR READING
Comments
Post a Comment